Minggu, 30 September 2012

SOP Pengoperasian Kamera

Memastikan kondisi kamera dalam keadaan baik saat proses peliputan sangatlah penting. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan saat proses peliputan berlangsung. Yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Lakukan pengecekan fisik kamera secara menyeluruh dan peralatan pendukung. Misalnya cek body kamera, lensa kamera, baterai, kaset, mikrofon, kabel, tripod, dll. Pastikan semuanya dalam kondisi siap pakai.
  2. Bersihkan kotoran yang menempel pada  komponen kamera seperti body kamera maupun lensa kamera menggunakan tissue kamera dan splasher (penyemprot khusus)
  3. Pastikan bahwa kaset sudah dimasukkan dalam VTR kamera
  4. Reset Time Code menjadi 00:00:00 hal ini dilakukan untuk mempermudah kita mengetahui total durasi yang digunakan. Cek juga tomblo retreview dalam kondisi normal
  5. Buat color bar selama kurang lebih 10 detik. Color bar berfungsi sebagai pembatas item/tema setiap segmen. Perhatikan betul gradasi warna yang nampak pada view finder atau LCD kamera. Ini akan memudahkan editor saat mengedit video.
  6. Setup audio untuk atmosfer dan wawancara, lakukan pengecekan menggunakan mic dan dengarkan menggunakan headset untuk memastikan bahwa mice berfungsi. Sebaiknya audio tidak melebihi 10 dessible. Jika lebih dari itu, maka audio yang dihasilkan pecah.
  7. Periksa filter kamera. Penggunaan filter yang salah akan menyebabkan hasil gambar menjadi bluish/greenish/yellowish.
  8. Lakukan juga setup white balance menggunakan kertas putih dan letakkan pada lokasi dengan pencahayaan dominan. Kesalahan saat mengatur white balance akan berpengaruh pada warna objek saat direkam.
  9. Cek fungsi-fungsi yang terdapat pada kamera seperti iris, fokus, dan tombol zoom. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.
  10. Ulangi pengecekan sebelum berangkat liputan (jika tidak terdesak) pastikan semuanya dapat digunakan.
  11. Setelah selesai peliputan, pastikan kamera dan peralatan pendukungnya masih seperti awal saat akan dipakai. Jika ada kerusakan, segera melapor pada divisi maintenance.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar